Tuesday, July 21, 2009

Alat Musik Tradisional Bali Jadi Komodite Ekspor

Kelompok kesenian Bali muncul di mancanegara dengan anggota para seniman setempat seperti 'Sekar Jaya', di AS, 'Sekar Jepun' di Jepang, dan kelompok kesenian Bali lainnya di Australia dan Eropa.

Kondisi itu merupakan salah satu penyebab angka perolehan devisa dari perdagangan ekspor kerajinan alat musik tradisional meningkat, kata laporan yang dikutif dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, Rabu.

Realisasi ekspor alat musik tradisional daerah ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari 15.518 dolar Januasri-Juni 2005 menjadi 221.122 dolar periode sama 2006, atau mengalami peningkatan hingga 1.324 persen.

Perdagangan alat musik tradisonal, termasuk perangkat gambelan dan pakaian berbagai jenis tarian Bali banyak diterbangkan ke mancanegara sehingga devisa dikumpulkan bertambah terus, sebab kesenian Bali berkembang di luar negeri.

Pesta Kesenian Bali (PKB) perhelatan para seniman daerah itu yang berlangsung setiap tahun sejak 28 tahun silam memberikan dampak positif terhadap perajin gambelan tradisional yang banyak memasuki pasaran ekspor.

Sebagaimana wisatawan asing yang datang ke PKB, dapat menyaksikan atraksi kesenian, pameran aneka kerajinan termasuk alat musik tradisional, tentu diantara mereka ada berminat memiliki alat kesenian Bali sekaligus membelinya.

Tidak itu saja, pada PKB tahun ini banyak seniman mancanegara yang khusus terbang ke Bali untuk ikut ambil bagian dalam arena budaya itu, seperti kelompok kesenian dari India, Amerika Serikat, Jepang dan sebagainya.

Kegiatan PKB memberikan andil besar bagi perajin dalam menciptakan mata dagangan bernilai seni termasuk alat-alat musik tradisional yang banyak diminati masyarakat Internasional terutama bagi mereka yang pernah ke PKB.

Banyak turis yang datang sendiri atau berkelompok membeli alat musik tradisional Bali bahkan ada diantara mereka langsung memesan dalam jumlah banyak, tutur Wayan Suantara, perajin bambu dari Kabupaten Gianyar.

Wisatawan mancanegara yang masih tertarik melakukan perjalanan wisata ke pusat-pusat kerajinan, ada memesan alat musik tradisional Bali yang dibuat dari bahan baku bambu seperti gambelan arja, gambelan joged bumbung dan sebagainya.

Turis yang berlibur ke Bali selama ini, disamping menikmati panorama keinahan alam juga menyaksikan berbagai jenis kesenian yang berkembanag secara lestari di daerah ini.

rit

No comments:

Post a Comment